Custom Search
SAYA BERHENTI BERJALAN SEJENAK DI BERANDA RUMAH IBU

20 August, 2008

"SEKOLAH?"


Kemaren saya dan rekan-rekan berkeliling daerah saya, TAPANULI SELATAN. Mengelilingi beberapa sekolah disana. Mencoba memberikan motivasi kepada siswa kelas III SMU. Mencoba memberikan pemahaman bahwa Pendidikan itu bukan untuk mencari uang, melainkan mencari ilmu, TITIK. Kita harus lalui proses pendidikan dari SD s/d Seterusnya tanpa harus memikirkan "menjadi apa" nanti. Pendidikan itu hanya untuk mengubah pola pikir kita semata bukan untuk mengharapkan uang kalau sudah tamat. Nah, setelah proses itu selesai wajar bagi orang-orang yang mempunyai "pemikiran" mendapatkan "reward/balas jasa" atas pemikirannya tersebut. Disitu letak perbedaannya.

Ini saya katakan karena banyak orangtua menyuruh anaknya sekolah agar suatu saat jadi orang kaya, banyak duit dan embel-embel gengsi lainnya. Kalau untuk mencari uang kenapa harus sekolah?. Banyak kok orang buta huruf atau tamatan SD kaya raya bahkan bisa sekolahkan anaknya sampai DOKTOR atau Sarjana. Jadi kenapa harus CAPEK-CAPEK SEKOLAH....

Kita sekolah bukan untuk mencari gelar Sarjana, Dokter, Spd dan lain sebagainya. Kita sekolah hanya untuk mencari dan mengubah pola berpikir tersebut. Karena kalau hanya untuk mencari "gelar" bagaimana kalau kita dipanggil Yang Maha Kuasa di semester terakhir bahkan di saat 1 hari setelah wisuda. Yang terjadi pasti kekecewaan dan penyelesalan.

Tapi di ujung pembicaraan saya dengan mereka saya katakan bahwa itu adalah menurut pemikiran saya. Dan saya harap saya selalu salah dengan hal itu. "Ini hanya sebagai topik berpikir saja bagi kita". Ujar saya.

Saya hanya ingin meluruskan niat "ber-sekolah" itu sendiri. Karena pendidikan sekarang sangat "Mahhal" bukan "mahal" lagi. jadi, alangkah ruginya kalau niatnya hanya untuk target/niat yang tidak jelas menurut saya.

No comments:

Post a Comment

SARAN DAN KRITIK